Senin, 13 Juli 2020

HARI PERTAMA TAHUN AJARAN BARU

DIARY GURU
HARI PERTAMA  TAHUN AJARAN/AKADEMIK BARU
Senin, 13 juli

Quote: Memulai melaksanakan tugas dengan Bismillah, NIAT ibadah kepada Allah SWT.


Alhamdulillah…
Giat hari perdana tahun pembelajaran baru 2020/2021 dimulai. Serah terima peserta didik baru pada tahun ini berlaku ditengah pandemi virus corona.
Cuaca sejuk dan segar meliputi suasana pagi Kota Padang Panjang. Para guru hadir sejak pukul 07.00 WIB. . Tanpa diduga telah hadir seorang ibu dengan dua anaknya menunggu di sekolah.

 Persiapan acara berupa protokol kesehatan, kebersihan, kerapihan dan keindahan pun mulai dilakukan. Pemasangan spanduk, kebersihan lantai, penataan dan kelengkapan peralatan yang dibutuhkan dilakukan bersama-sama. Menyapu lantai, menyapu air yang menggenang, persiapan cuci tangan, sabun, thermogun,  lap tangan, balon, tape recorder dan mic, juga absen walimurid disiapkan.

 
Satu demi satu Wali murid hadir, langsung mencuci tangan pakai sabun, dan menchek suhu tubuh lalu masuk kelas mengisi absen. Ibu-ibu pengurus dan ibu wakil komandan pun hadir.

 Sebenarnya semua anak ingin hadir ke sekolah. Maklum uforia bersekolah pada tahun ajaran baru tentu telah merasuki diri anak dan keluarga, Bagi guru, adan yayasan, hari perdana bisa dibaratkan sebagai hari beralek / party. Ibu ketua yayasanpun berharap sebaiknya anak dibawa hadir, agar anak merasa memiliki dan kenal dengan sekolah yang baru. Berdasar keputusan menteri dan arahan  dari Dinas Pendidikan di Kota Padang Panjang untuk Taman Kanak-kanak tahun ini, yang hadir pada acara serah terima murid baru dibagi menjadi 3 kelompok dalam 3 hari. Aturan kehadiran bagi walimurid telah diumumkan, untuk menjaga keselamatan dan kesehatan agar tidak membawa anak ke sekolah. Dengan alasan tidak ada yang menjaga anak di rumah, maka ada beberapa anak yang pergi ke sekolah.

Ibu-ibu pengurus bersiap menanti kedatangan ibu ketua. Mobil hitam berhenti tepat di depan gerbang TK. Ibu ketua tiba dengan menebar senyum, salam dan sapa, Ibu-ibu pengurus dan kami menyambut beliau di jenjang gerbang sekolah. Ibu ketua dengan anggun dan ramah menyapa walimurid dan anak-anak.
Tepat pukul 08. 45 acara dimulai dengan susunan acara:
1.       Pembukaan, oleh bu Novi
2.       Pembacaan ayat suci oleh bu Fit
3.       Sambutan oleh ibu ketua dan pelepasan balon
4.      Sosialisasi keputusan bersama 4 mentri oleh kepala sekolah dan Perkenalan dengan guru dan yayasan


Acara berjalan sesuai rencana.
Sambutan ibu ketua singkat dan padat. Ucapan selamat datang di TK Kartika, terimakasih atas kepercayaan walimurid memasukkan anak untuk bersama dididik di TK Kartika, insyaAllah yayasan akan memfasilitasi apa yang dibutuhkan agar proses pembelajaran berjalan lancar, dan harapan kerja sama dari orang tua untuk keberhasilan pembelajaran anak-anak di TK Kartika. Ibu ketua juga berharap agar diadakan pertemuan tiap bulan (parenting) guna mendukung keberhasilana pendidikan anak di TK Kartika. Tak lupa, agar pembelajaran dari rumah saat pandemi lebih maksimal, ibu menyarankan agar diadakan juga buku paket untuk pegangan orang tua.
 
Sebagai tanda tahun ajaran baru telah dibuka, dan untuk memberi kesan bagi anak-anak yang hadir, ibu ketua mengajak anak-anak bersama pengurus yayasan dan ibu-ibu guru, untuk melepaskan balon ke udara. Anak-anak semangat memegang tali dan melepaskan balon, dimulai dengan membaca Bismillahirrohmanirrohim… satu, dua, tiga… balon pun mengudara dan anak-anak terus mengamatinya.
Balon terbang tinggi. setinggi cita-cita anak-anak yang terus menjulang. Untuk melengkapi dokumentasi, dilanjutkan berfoto bersama. Acara dilanjutkan di dalam ruang kelas.

Sosialisasi keputusan bersama empat kementeria. Disampaikan oleh kepala sekolah.
Empat kementerian tersebut adalah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Agama, Kementerian kesehatan, dan Kementerian dalam negeri, yang berisis panduan penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran dan tahun akademik baru dimasa pandemic corona virus disease (covid-19) tertanggal 15 Juni 2020.
 


-       Prinsip kebijakan pendidikan dimasa pandemic COVID-19 adalah Kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, keluarga, dan masyarakat merupakan prioritas utama dalam menetapkan kebijakan pembelajaran. Agenda mulai dari PAUD, pendidikan dasar, menengah, dan perguruan tinggi.
Yang terkait dengan anak usia dini dari keputusan tersebut adalah bahwa,
-          Tahun ajaran baru 2020/2021 dimulai pada bulan Juli 2020.
-          Masa transisi paling cepat pada bulan November 2020.
-          Pembelajaran normal diperkirakan pada bulan Januari 2021.
-       Untuk daerah yang berzona kuning, oranye, dan merah dilarang tatap muka, dan melanjukan belajar dari rumah (BDR).
-          Pada zona hijau melakukan tatap muka namun secara bertahab.
-          Lembaga diharapkan memiliki daftar kesiapan sesuai aturan Kemenkes, mulai dari toilet bersih, sarana cuci tangan dengan air mengalir, sabun, disinfektan, area wajib masker, thermogun, akses kesehatan (klinik, puskesmas, rumah sakit), dan kesepakatan dengan komite kapan tatap muka, dan tetap berkoordinasi dengan dinas pendidikan setempat.
-          Jika ada penambahan kasus, maka sekolah wajib ditutup kembali.
-          Penggunaan dana BOP untuk pelaksanaan pembelajaran, honor guru, juga penggantian kuota internet.
Informasi secara lengkap dalam keputusan bersama empat kementerian.

-          Berdasarkan surat keputusan tersebut Untuk kota Padang Panjang, kesepakatan dari dinas pendidikan selama bulan Juli, yang masuk sekolah adalah orang tua, bergiliran sesuai dengan kebijakan lembaga.

-          Untuk TK Kartika, dari tiga kelompok, masing-masing orang tua hadir dua kali seminggu-  direncanakan anak-anak masuk sekolah pada bulan Agustus, 5 anak perkelas sehari, dengan tetap menjaga jarak dan protokol kesehatan, dan seterusnya.
Selesai sosialisasi, jeda sejenak untuk istirahat. Alhamdulillah, pengurus menyedoakan snack unytuk penyambutan tamu pada temu perdana kali ini. Sambil menikmati snack dan menunggu hujan berhenti, diadakan tanya jawab singkat.
            
Sebagai tambahan informasi kepada walimurid, pada saat ini TK Kertika terdiri dari 3 kelompok, sesuai dengan urutan usia terkecil, berdasar kurikulum 2013 PAUD.
TK Kartika menggunakan nama kelompok dengan istilah karakter Cerdas, Mandiri dan Ceria, berdasar pengalaman studi banding ke SD Tanjung Katung di Singapura.
Salah satu tujuannya agar mempengaruhi pembentukan karakter anak.

NO
KELOMPOK
SENTRA
GURU
1
Cerdas
Balok
Devi Susanti, S.Pd
2
Mandiri
Seni kreativitas
Novita Helmi, S.Pd
3
Ceria
Persiapan
Fitria, S.Pd

Selesai acara dengan walimurid, kami melanjutkan dengan diskusi sekilas bersama pengurus, membahas hal yang terkait, termasuk konsumsi walimurid dan lain-lain. Lalu kami mengevaluasi kegiatan yang telah dilaksanakan, juga menyiapkan kegiatan esok hari. 

Kamipun langsung mengadakan pengecekan berapa jumlah murid, berapa yang hadir, serta berapa sebenarnya murid yang benar-benar akan masuk ke TK Kartika. Adakah tambahan atau adakah yang mengundurksan diri.
Seperti yang datang pertama kali tadi pagi, ternyata, awalnya ia mendaftar, lalu mengundurkan diri, dan masuk lagi.                 
Jumlah walimurid yang hadir pada hari pertama sebanyak 23 orang, dari kelompok 15 orang kelompok Ceria, 2 orang kelompok Mandiri, dan 6 orang kelompok Cerdas.  10 anak yang hadir. Karena sebagian belum masuk group WA, maka info belum semua mendapatkan, sehingga masih bercampur 3 kelas.

Untuk menambah energy dan loyalitas kepada yayasan, di hari perdana ini kami menerima bahan dasar seragam batik kuning Kartika Jaya Tut wuri handayani.

Alhamdulillah, kami para guru bersyukur, senang dan bahagia dengan pertemuan di awal tahun ajaran ini. 
Semoga kedepan terus semangat, sehat walafiat, lancar dan pembelajaran semakin berkualitas. Amiin.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar