Sabtu, 11 Juli 2020

WGK WORKSHOP GURU KREATIF PAUD DARING


WGK WORKSHOP GURU KREATIF PAUD DARING
Sudah sekian kali Himpaudi mengadakan  Workshob guru kreatif. Sebelum terjadi covid 19, WGK pernah di Batusangkar, dengan agenda kampung inquiri. Luar biasa keren.  Ditambah lagi dengan beberapa WGK daring dari wilayah lain, termasuk mengikuti TV himpaudi dengan berbagai materi keren, diantaranya materi PAUD di Findlandia dan di Inggris.

Kali ini, sampailah giliran di kota tercinta. Bersama Himpaudi Pusat, himpaudi Payakumbuh, Padang Panjang, dan Himpaudi Kutai Kertanegara, turut bersama memajukan para guru dan pendidik PAUD.
Workshop diadakan dalam waktu 2 hari, yaitu Jumat dan Sabtu, 10 dan 11 Juli 2020.  Guru TK Kartika I-12 pun tak ketinggalan. Bersama mengasah kompetensi mengupgrade diri.
Pengalaman daring secara zoom sangat beragam. bagi beberapa guru yang telah mengikuti acara daring melalui zoom atau lainnya, jika memiliki pengetahuan tentang TIK yang baik, mungkin tidak ada masalah. Akan tetapi bagi yang belum meiliki pengetahuan yang cukup, juga bagi guru yang baru mengikuti, tentu saja menemui kendala teknis.

Jika selama ini dibantu oleh anak dalam mendaftar dan mengoperasikan TIK, sudah saatnya, tidak boleh tidak, harus bisa. Setiap guru harus mendapatkan ilmu TIK dan mengupgrade dirinya agar dapat mengikuti perkembangan dan mendapatkan informasi terkini dalam nbidang pendidikan.

Beberapa etika yang harus diperhatikan dalam pertemuan saat zoom.

Memakai pakaian yang sopan seperti saat copy darat, merasakan seakan diri berhadapan langsung dengan nara sumber dan seluruh peserta. Karena memang setiap peserta dapat saling melihat peserta lain jika kamera sedang aktif.

Zoom dapat dilakukan melalui HP maupun laptop. Pastikan diri tidak berjalan-jalan atau beraktifitas lain didepan kamera. Karena itu akan mengganggu peserta lain jika gambar yang terlihat terus bergerak, berjalan-jalan atau terlihat gambar yang lain.
Uasahakan memahami aturan, kapan saat audio unmute atau mute. Jangan bicara sendiri saat sedang mendengar materi dari narasumber.

Usahakan mencarilah tempat yang tenang, dan tidak berisik atau terdengar suara keributan.
Pelajaran zoom yang lain, sebaiknya berlatih dulu sebelum acara.
Anggaplah acara seperti saat of;ine. Jadi gunakan waktu dengan baik. Jangan sampai menunggu lama, karena para pemateri dan para peserta akan terganggu jika harus menunggu.

Sukses terus untuk Himpaudi.
Sukses untuk Padang Panjang.

Pada hari ini, Jumat, 10 Juli 2020, menerima SK mutasi guru TK. di kantor Dinas Pendidikan Kota Padang Panjang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar