Kamis, 04 Juni 2020


ZOOM dengan PROF EKO, OM JAY DAN PENERBIT ANDI
            Pada hari Kamis 5 Mei 2020, mulai pukul 14.30 ada pertemuan melalui zoom dengan topik Penenrbit ANDI @ Richardus Indrajit’s Zoom Meeting.
Acaranya super keren. Pertemuan dihadiri oleh para penulis binaan Prof. Eko, dengan tim penerbit ANDI dan Om Jay sebagai pemicu adanya perkenalan dengan para guru yang menerima tantangan sebagai penulis. Om Jay seorang guru blogger, youtuber, honorer, aktif, kreatif, inovatif. menulis setiap hari di blog yang telah menghasilkan banyak buku. Dengan tulus membuka kelas belajar menulis yang beranggotakan para guru dari penjuru Nusantara. Dari kelas Om Jay telah lahir ribuan siswa menulis online dan kali ini lahirlah para penulis keren.

Pak Joko dari penerbit ANDI memberikan ulasan tentang dinamika penerbitan buku disaat pandemic dan segala hal yang terkait dengan penerbitan buku, sekaligus mengenalkan para tim yang terlibat dalam penerbitan buku.
Para penulis yang tergabung terdiri dari para guru SD, SMP, SMA dan juga dosen. Aku  sebagai guru TK, dimasukkan terakhir oleh Prof. Eko dalam group. Barangkali sekaligus untuk mengasah sampai dimana pola pandang para guru dari berbagai jenjang dalam mengikuti dinamika  perubahan pembelajaran sekaligus penjajagan dalam menelaah materi keren Prof eko. he he... itu perkiraanku. Yang pasti masuk dalam group ini merupakan sebuah penghargaan dan pengalaman yang wah. Berkumpul dengan para bapak ibu guru aktif dan kreatif. Bisa banyak belajar, belajar terus, dan belajar sepanjang hayat. Uji nyali hadapi tantangan dalam merajut hobi.
Terdapat 10 dari 21 penulis yang bukunya di terima oleh penerbit dan siap cetak, namun ada 2 dari 10 yang harus mengalami revisi.
Prof Eko memberikan lampu hijau, bahwa revisi akan dilakukan bersama prof. Eko dan harus segera dilakukan, dengan harapan selesai pada akhir Juni, sehingga pada 1 Juli semua buku sudah siap untuk naik cetak.
Wow… pasti pengalaman keren yang sangat berkesan. Menulis siang malam selama seminggu, dan dalam waktu belum sampai 1 bulan siap dicetak oleh penerbit mayor, tanpa modal, bahkan menerima royalti.
Yang lebih super lagi mulai dari penulisan dan revisi, dibimbing oleh profesor yang super keren, karena selalu memberikan energy dan inovasi bagi para guru. Beliau mengatakan, hal-hal yang berkaitan dengan penerbitan, selanjutnya silahkan berurusan langsung dengan penerbit atau timnya. Tak usah melalui prof. lagi. Tak perlu sungkan. Dan tak ada istilah kualat. He he… sesama guru saling menghormati.
Menjelang akhir pertemuan, prof. Eko menyampaikan bahwa tepat pukul 16.00 WIB beliau akan mengikuti kuliah, sebagai mahasiswa di S3 Pertahanan. Yang ini ni, pembelajar sejati.. Sudah professor, tapi masih terus mengais ilmu dan mengasah kecerdasan. Keren.
Berikut 10 judul buku. Berawal janin covernya seperti dibawah ini, nanti terbitnya seperti apa ya? Sangat ditunggu. Dag dig dug der. Selamat dan semangat untuk para penulis. Prof berharap silahkan mengikuti dan mendengar persembahan di yotube Ekoji channel Academy yang lain dan lanjutkan menulis. 1 minggu 1 buku

Owww…. Akhirnya akupun harus mengaku, dan mendapat saran dari beliau, agar mengutamakan tesis. Pengisisan rapor, memberikan asesmen dan penilaian laporan perkembangan anakpun harus tuntas pada waktu yang ditentukan. Syukurnya, tetap diizinkan mengikuti pertemuan untuk menambah ilmu. alhamdulillah...
Tetap berharap, semoga… amiiin…
Ada bocoran 1 cover yang masih bayi.... Uih... keren ... bikin penasaran... Isinya pasti lebih keren tu... ayoooo.... yang lain, semangaaat.... Ashiaaaap!!! itu mayoritas jawaban dari para penulisnya...

27 komentar:

  1. Terima kasih ulasannya, Bu. Ayo, semangat utk kita semua.

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Nglepasin uneg-uneg pak guru... inginnya lari... he he ...

      Hapus
  3. Saya masih belum menetas bu. Keburu males datang karena kehabisan waktu. Semoga masih bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. masih bisa, pak. Belanda masih jauh.... semangat...

      Hapus
  4. Curhat hati yang paling dalam menurut saya itu adalah tinta emas yg tak lekang oleh waktu, anak muda menulislah hati2 dg plagiasi bersabarlah menulis itu banyak kalimat yg dituangkan namun belajarlah secara memandang dengan bersih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asssiaaaapppp.... yang muda siapa tu? he he...

      Hapus
  5. Keren, semoga nanti bisa menerbitkan buku

    BalasHapus
  6. selamat dan sukses buat kawan kawan semuanya, i love you all, bagus itu untuk memotivasi semua guru dan dosen Indonesia

    BalasHapus
  7. Selamat buat yg sdah siap menerbitkan buku, berharap ketularan😊

    BalasHapus
  8. SelMzt udah sampai penerbitan buku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagi kawan guru yang sudah berjuang menaklukkan keraguan bu... ternyata, bisa.

      Hapus
  9. Balasan
    1. silahkan, pak Guru... Prof Eko masih menunggu...

      Hapus
  10. Selamat bu.... sungguh luar biasa. Kerennn

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar sekali, bu. salut yang sambil gendong bayi bisa menerima tantangan, dan golll...

      Hapus
  11. sungguh keren ibu, semoga bisa menyusul nambah ilmu, nambah ilmu dan nambah ilmu

    BalasHapus
  12. Balasan
    1. lawan, bapak ibu guru... he he... guru harus berubah seiring perubahan menuju tatanan normal baru...

      Hapus