Minggu, 26 April 2020

LOCKDOWN dan PEPULANGAN MAHASISWA INDONESIA DI MESIR




LOCKDOWN dan PEPULANGAN MAHASISWA INDONESIA DI MESIR

          Syukur dan haru mendengar berita pagi ini. Puasa Ramdhan hari keempat tahun ini. Sebenarnya berita sekilas telah kudengar tadi malam. namun pagi ini dadaku terasa sesak, membayangkan apa yang dialami oleh saudara muslim yang pulang menurut ilmu dari negeri pyramid tersebut.
          Dalam wawancara disebutkan bahwa, belajar telah selesai. Namun kenap tidak bisa pulang. Jawabannya, karena lockdown. Lockdown yang diberlakukan di Mesir terus diperpanjang. Akhirnya perpulangan mahasiswa tersebut juga ditunda.
          Perpulangan mahasiswa hingga sampai ke Indonesia adalah karena, adanya pesawat Mesir yang akan menjemput mahasiswanya di Indonesia. Pesawat tersebut akan menuju ke Indonesia dalam keadaan kosong. Lantas ditawarkan kepada mahasiswa yang akan pulang untuk dibawa menaiki pesawat yang kosong itu.
          Pucuk ditimpa ulampun tiba. Simbiosis mutualisme pun berlaku. Mahasiswa yang saat itu akan pulang dapat sampai ke Indonesia dengan selamat. Meski harus menjalani pemeriksaaan ketat dan isolasi diri 14 hari, sudah bisa dipastikan rasa syukur mahasiswa dan keluarga yang menanti sangat bahgia.
Sedangkan pesawat kembali ke Mesir dengan membawa mahasiswa Mesir yang berada di Indonesia dapat kembali ke Mesir, Alhamdulillah… luar biasa janji Allah terhadap orang yang menuntut ilmu. Berkah Ramadhan. Semoga semua mendapat imbalan kebaikan yang berlipat. Amiin…
Pada saat musibah melanda seperti sekarang ini, siapapun yang mendapatkan pertolongan disaat genting, apalagi seorang yang menuntut ilmu, siapapun akan trenyuh mendengarnya. Apalagi pada saat awal berita corona dari Wuhan beberapa bulan lalu, aku selalu mengikuti berita. termasuk mahasiswa musli Indonesia yang ada di Wuhan, yang gak boleh keluar, yang lauknya itu-itu saja. Alhamdulillah, semoga selamat.
Padang Panjang, 4 Ramadhan 1441 H, 27 April 2020


3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. Ummi, ada apakah gerangan menulis tentang mahasiswa Indonesia di Mesir? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setiap ada berita mahasiswa di rantau dalam kondisi genting, hati umi gimanaaa gitu... Tentang Mesir... banyak ulama di sana. hemmm...

      Hapus