Minggu, 28 Juni 2020

istighfar

beristighfar setelah ibadah

Asy-Syaikh Abdurrahman as-Sa'dy rahimahullah berkata:

ينبغي للعبد كلما فرغ من عبادة، أن يستغفر الله عن التقصير، ويشكره على التوفيق، لا كمن يرىٰ أنه قد أكمل العبادة، ومنّ بها على ربه، وجعلت له محلا ومنزلة رفيعة.

"Sepantasnya bagi seorang hamba setiap kali selesai melakukan sebuah ibadah untuk meminta ampunan kepada Allah atas kekurangan yang ada, dan bersyukur kepada-Nya atas taufiq-Nya.

Faidah :

1. Zikr yang pertama kali diucapkan setelah shalat adalah istighfar ' Ia beristighfar dari tidak khusyu ketika shalat ' tidak tuma'ninah atau mungkin ia sering masbuq dalam shalat berjama'ah .

2. Seorang hamba tidak boleh yakin amal ibadahnya di terima ' agar tidak muncul dari dirinya sifat bangga dan akhirnya tidak hadir keinginan berkompetisi dalam ibadah .

3. Dosa yang membuat seseorang bertaubat lebih baik dari amal shaleh yang membuat seorang bangga .

4. Jangan merasa suci dengan ibadah kita karena Allah yang paling tahu siapa yang paling bertaqwa dan jangan merasa hina karena dosa kita karena ampunan Nya tidak terbatas .

5. Seseorang tidak masuk syurga karena amal ibadahnya tetapi karena rahmat Allah ' namun untuk meraih rahmat Nya haruslah dengan ibadah.

22 JUNI 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar