Kamis, 30 April 2020

AMALIYAH RAMADHAN ANAK USIA DINI 4



RAMADHAN BULAN ISTIMEWA

Ayah bunda yang mulia… Untuk memotivasi agar anak-anak usia dini senang hati dan semangat dalam melatih diri menjalankan amalan puasa dan ibadah dibulan Ramadhan, maka sudah seharusnya bapak ibu dan para pendidik anak usia dini mengetahui dasar-dasar atau alasan perintah tersebut, untuk disampaikan kepada anak-anak. Mengapa bulan Ramadhan disebut bulan istimewa. 

Ada beberapa ayat Al-Quran dan hadits Nabi di bawah ini, yang dapat disampaikan kepada anak anak. Gunakanlah bahasa sederhana yang mudah dipahami anak. Jika akan membacakan, maka gunakanlah intonasi dan ekspresi yang menarik dan bersahabat bagi anak.

Bulan Ramdhan disebut bulan istimewa, bulan yang paling agung diantara bulan-bulan yang lain dalam setahun. Bulan yang paling ditunggu-tunggu oleh orang yang beriman, karena dibulan tersebut Allah memberikan pahala yang banyak sekali siang dan malam selama bulan Ramadhan. Maka dalam bulan itu, kaum muslimin berlomba-lomba untuk beribadah sebanyak-banyaknya dan berbuat kebaikan.

Alquran dan hadits Nabi menerangkan, di antaranya adalah:

1.      Bulan tersebut Allah menurunkannya kitab suci Al-Quran. Sebagaimana firman Allah dalam al-Quran surat. Al-Baqarah ayat 185)
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَان
(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil).

2.      Pada bulan Ramadhan juga, umat Islam diwajibkan menjalankan ibadah puasa. Seperti kata Allah dalam al-Quran surat. Al-Baqarah ayat 183)
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa,
3.      Terdapat malam lailatul qodar.
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْر
:4.      Orang berpuasa dibulan Ramdhan dengan beriman dan kehati-hatian akan diampuni Allah dosa yang telah berlalu dan dosa yang akan datang.

5.      Bau mulut orang berpuasa itu lebih harum dari minyak kasturi di sisi Allah.

6.      Puasa hanya untuk Allah, Allah langsung yang akan memberi pahala. pahala kebaikan dibulan Romadhan berpahala berlipat ganda.

7.      Bila datang bula Ramadhan, dibukalah pintu surge dan ditutup pintu neraka.

8.      Pada bulan Ramadhan terdapat bulan ampunan dan bulan rahmat. Orang Islam berlomba-lomba melakukan kebaikan seperti bersedekah, dan mengasji Al-Quran.


RUKUN ISLAM

Rukun Islam ada lima.  Puasa adalah rukun Islam yang ketiga.



Rukun Islam ada 5

1.      Membaca dua kalimat syahadat, bunyinya di bawah ini


2.      Mengerjakan sholat


3.     
3. Berpuasa
4.      Menunaikan zakat


5.      Pergi haji ke baitullah.


Tepuk rukun Islam

Prok prok prok Ada lima  

Prok prok prok Pertama

Prok prok prok  Syahadat 

                                       Prok prok prok Kedua

                                       Prok prok prok Sholat

Prok prok prok Ketiga

Prok prok prok Puasa

                                        Prok prok prok Keempat

                                        Prok prok prok Zakat

Prok prok prok Kelima 

Prok prok prok Naik Haji 
  

                                             



Tidak ada komentar:

Posting Komentar