Selasa, 28 April 2020

AMALIYAH RAMADHAN ANAK USIA DINI 1



Lawan corona, di rumah aja
Pengembangan Aspek Nilai Agama dan Moral

Panduan Ayah Bunda
dan
Pendidik Anak Usia Dini

Bimbingan
Amaliyah Ramadhan
Anak Usia Dini
Nurlaila Tussubha, S.PdI


KATA PENGANTAR

Alhamdulillahirobbilalamin,
Segala puji hanya milik Allah Swt, Tuhan yang Maha Pengasih Penyayang. Solawat dan salam kepada idola umat sedunia, Nabi Muhammad Shallallahu’alaihiwasallam. Allahumma shalli wa sallim ala sayyidina Muhammad wa’ala ali sayyidina Muhammad.
Atas rahmat dan bimbingan Allah Swt. buku sederhana ini dapat selesai, setelah sekian lama buku ini dikonsep.  Atas izin dan kuasaNya buku ini berada di tangan ayah bunda.
Masa usia dini disebut golden age. Golden age adalah masa keemasan dalam perkembangan otak manusia. Pada masa itu apa saja yang diberikan kepada anak, dapat diterima dan disimpan dengan baik dalam otak anak, selama tidak ada gangguan dalam kehidupan anak. Masa yang jika distimulasi dengan maksimal, maka anak akan tumbuh dan berkembang optimal. Masa emas tersebut jangan sampai disia-siakan karena masa itu tidak akan terulang kembali dalam rentang kehidupan masing-masing anak. Oleh karena itu setiap ayah bunda atau pendidik anak usia dini hendaknya memberikan stimulasi berupa pengenalan dan latrihan yang baik dan benar kepada anak.
Dalam memberikan stimulasi terhadap tumbuh kembang anak hendaknya memperhatikan karakteristik anak usia dini. Di antara karakteristik anak usia dini adalah anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan anak sebagai peniru. Apapun yang dilihat dan didengar oleh anak akan ditirukan. Ayah bunda atau guru sebagai role model (teladan) bagi anak, sudah seharusnya memberikan contoh yang baik, agar anak meniru yang baik pula.

Disamping itu ayah bunda atau pendidik juga harus memperhatikan prinsip pembelajaran pada anak usia dini. Prinsip tersebut adalah bermain sambil belajar dan belajar melalui bermain. Dengan demikian dalam memberikan bimbingan menggunakan buku ini, sebaiknya ayah bunda atau pendidik  melakukannya dengan kasih sayang, sabar,  dalam  kondisi anak merasa enjoy, tidak perlu dipaksa apalagi jangan sampai dihukum jika salah atau lupa. Ajak anak dalam suasana gembira sebagaimana bermain.
Bulan Ramadhan semakin dekat. Bulan yang disebut sebagai bulan rahmat, bulan ampunan, sekaligus bulan perjuangan. Bulan yang ditunggu-tunggu kehadirannya bagi setiap muslim di dunia ini, karena dalam bulan tersebut berbagai kebajikan dan pahala dilimpahkan. Termasuk mengenal ajaran agama Islam, dalam hal ini amaliyah di bulan Ramadhan.

Catatan ini terinspirasi dari buku lama karangan ibu Nibras (semoga Allah merahmati beliau) dalam sebuah pustaka kecil salah satu sekolah TK, yang pernah saya baca beberapa tahun yang lalu, salah satu tokoh pendidikan anak usia dini. Saya sudah berusaha mencari kembali namun saya belum meemukan buku tersebut.

           Catatan ini ditulis sebagai tambahan referensi dan motivasi bagi para orang tua, ayah bunda dan para pendidik anak usia dini dalam mengembangkan nilai agama dan moral, membimbing, melatih dan membiasakan anak untuk mengenal dan mencintai ajaran Islam khususnya dalam menghadapi dan memuliakan bulan Ramadhan.

Terimakasih kepada semua pihak yang telah turut serta terlibat dalam penulisan ini. Imamku H. Abdul Aziz, ananda H. Abdul Latif Arridho, ananda Abdillah el Habib.
Semoga bermanfaat dan semoga diterima Allah Swt. sebagai amal jariyah. Amiiin.

Penulis
Padang Panjang, April, 2020

Tidak ada komentar:

Posting Komentar