Rabu, 22 April 2020

Peran Orang Tua



BESARNYA PERAN ORANG TUA  terhadap anak
Ibu mendidik putera puterinya untuk bisa bicara santun, berlaku sopan, berpikir jernih, berhati bersih, memiliki rasa malu, tanggap dan peduli. Menghormati orang yang lebih tua, menyayangi saudara, berani, bekerja keras dan suka membantu meski tidak diminta.
Anak yang didik ibu dari rumah, akan sangat berbeda dengan anak yang hanya dipenuhi kebutuhan fisiknya, dibiarkan saja apa yang dilakukan anak, sementara ibu sibuk sendiri bekerja, menyalurkan hobi yang belum tercapai saat muda dulu, dan sosialita serta menuntut anak agar hebat, pintar dan baik. Membentuk akhlak anak hanya diserahkan kepada guru, memaksa anak belajar dengan amarah, menasehati anak tanpa memberi teladan.
Jauh panggang dari api.
Guru di sekolah diharap dapat menjadi pengganti orang tua yang dapat membangkitkan jiwa belajar anak, membentuk akhlak dan mengembangkan potensi anak
Guru panutan bagi murid sekaligus bagi masyarakat, sudah seharusnya guru menjadi teladan, memiliki rasa yang lurus dan halus, dapat memilah dan memilih mana yang terbaik dan maslahat, untuk diri, murid dan masyarakat.
Ibu adalah guru bagi putera puterinya.
Guru adalah inspirasi bagi murid-murid-murid
Tidak mudah menjadi pengganti tugas orang tua.
Nasehat orang tua yang sangat keren seperti dalam lagu, "hormati gurumu, sayangi teman."
13 febr

Tidak ada komentar:

Posting Komentar